15+ Cara Membuat Masker Kopi dan Gula Serta Efek Sampingnya - MANFAAT MASKER KOPI
Loading...

15+ Cara Membuat Masker Kopi dan Gula Serta Efek Sampingnya

Loading...
Loading...
15+ Cara Membuat Masker Kopi dan Gula Serta Efek Sampingnya. Wajah idaman semua orang adalah wajah yang putih, bersih, dan tidak kusam. Banyak yang berlomba-loma menampilkan pesona. Tidak ketinggalan kaum perempuan yang lebih dominan memperhatikan kecantikan wajah mereka. Saat ini, perawatan kulit wajah sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Dan yang paling ramai akhir-akhir ini adalah cara merawat wajah agar putih secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang cenderung tidak memberi efek samping berbahaya. Untuk mengurusi wajah biasanya kopi dan gula menjadi alternatif perawatan yang baik. Ya, masker kopi dan gula. Lalu bagai mana cara membuat masker tersebut? Apa saja manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajahh? Baca ulasanya berikut ini.

7 Cara Membuat Masker Kopi dan Gula Serta Manfaatnya Bagi Kulit


Jika sebelumnya sudah ada artikel mengenai  cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dan cara membuat masker kopi dan jeruk nipis serta manfaatnya, kali ini kita akan membahas mengenai kopi dan gula. Kopi adalah minuman yang kerap kali menemani kita saat pagi maupun sore hari. Akan tetapi, kopi telah dipergunakan sebagai bahan alami perawatan kulit. Begitu juga gula, bahan alami dari olahan tebu ini tidak hanya sebagai pelengkap kopi, bumbu, dan pemanis alami, gula juga dimanfaatkan sebagai masker. Kombinasi masker kopi dan gula ternyata memberi manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan wajah alami.

Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan kulit atau membuat sendiri masker koi dan gula di rumah dengan mudah dan cepat, ada bahan-bahan dan cara pembuatan yang harus Anda ikuti. Paling pertama Anda harus menyiapkan bahan-bahan:3 sendok bubuk kopi, 2 sendok gula pasir, dan air secukupnya. Berikut cara membuatnya. Masukan kopi bubuk tadi ke dalam sebuah wadah, bisa gunakan mangkok, kemudian campurkan dengan gula. Lalu aduk kedua bahan tersebut hingga merata.

Tambahkan air hangat secukupnya. Aduk lagi hingga benar-benar rata sampai membentuk seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah hingga benar-benar rata. Biarkan sampai beberapa menit, disarankan 30 – 40 menit. Setelah agak mengering baru bilas dengan air hangat. Lap kering dengan handuk lembut agar tidak merusak pori-pori. Lakukan ini secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal. Itulah cara membuat masker kopi dan gula serta manfaatnya bagi kecantikan kulit yang bisa Anda ikuti.

Manfaat masker kopi dan gula bagi kulit wajah

1. Mengencangkan kembali kulit wajah

Pada dasarnya ada banyak cara mengencangkan kulit wajah. Akan tetapi mencampur kopi dan gula dan dijadikan masker bisa mengencangkan kembali kulit wajah. Ada kandungan kafein dan pemanis alami dalam gula bisa meremajakan dan mengencangkan kembali kulit wajah Anda. Disarankan agar menggunaan masker ini secara tepat dan teratur pada malam hari sehingga hasil yang Anda peroleh benar-benar maksimal.

2. Membersihkan komedo dan jerawat di wajah

Anda tentu tahu bahwa jerawat dan komedo adalah masalah pada kulit yang cukup serius dan tentu sangat mengganggu kepercayaan diri. Membuat Anda merasa selalu tidak nyaman. Meskipun tingkat masalahnya tidak masuk dalam kategori sangat berbahaya, akan tetapi masalah jerawat dan komedo juga perlu diatasi. Paling baik adalah dengan perawatan alami tanpa ada efek samping yang tidak berbahaya bagi kesehatan kulit.

Ada cara menghilangkan komedo membandel. Tapi kali ini solusi yang paling tepat adalah menggunakan masker kopi dan gula. Disarankan agar menggunakan kombinasi masker ini secara teratur saat malam hari, 4 hingga 5 kali dalam seminggu agar Anda memperoleh hasil yang benar-benar memuaskan.

3. Memperkecil pori-pori kulit

Anda tentu tahu bahwa kulit adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Apalagi kulit wajah yang sangat tipis. Kulit ini paling sensitif bila dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain. Jika Anda salah dalam hal perawatan maka kulit wajah cenderung sangat rentan terhadap penyakit kulit. Perawatan pada wajah yang minim menyebabkan pori-pori membesar yang dapat memunculkan jerawat. Anda makin tidak percaya diri jika mengalami hal ini. Minder dan bahkan malu untuk bertemu teman-teman Anda. Akan tetapi, dengan banyaknya perawatan alami yang mudah dan murah saat ini,

Anda disarankan untuk tidak terburu-buru putus asa. Ada cara mengecilkan pori-pori besar. Ada masker kopi dan gula yang jika digunakan secara teratur akan kembali memperkecil pori-pori kulit Anda. Lakukan penggunaan masker secara teratur agar hasilnya maksimal.

4. Melembabkan kulit yang kerng dan kusam

Jika kulit Anda kering dan terlihat kusam maka itu pertanda kurang baik, kulit Anda tidak sehat. Apalagi kaum wanita yang mengalami hal ini, tentu sangat mengganggu kenyamanan. Sebenarnya banyak cara melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam yang jarang diketahui seperti penggunaan bahan alami kopi dan gula.

Kombinasi masker ini dipercaya berkhasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit termasuk melembabkan kembali kulit yang kering. Kandungan kafein dan pemanis alami dalam kopi dan gula membantu membuat kulit tidak kering. Agar hasil maksimal maka gunakan masker kopi dan gula tersebut secara teratur setiap malam. Gunakan 4 hingga 5 kali dalam satu minggu.

5. Menghaluskan kembali kulit wajah Anda

Selain melembabkan kulit, masker kopi dan gula juga berkhasiat menghaluskan kembali kulit Anda. Ya, kulit memang menjadi hal yang sensitif, apalagi kaum hawa yang mengalami masalah kulit tersebut. Akan tetapi, menghaluskan kembali kulit yang kasar bukan perkara yang sulit.

Ada cara menghaluskan kulit wajah yang telah dimanfaatkan. Saat ini, masker kopi dan gula sudah menjadi alternatif yang tepat mengatasi persoalan ini. Gunakan masker ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal. Disarankan penggunaanya dilakukan pada malam hari setelah beraktifitas di siang hari.

6. Mengurangi dan mengatasi kanker kulit

Anda pasti tahu bahwa kanker kulit adalah penyakit pada kulit paling serius dan siapa saja pasti takut terserang masalah kulit jenis ini. Untuk diketahu bahwa kanker kulit lebih cenderung menyerang Anda yang memiliki kegiatan atau aktifitas yang sangat padat di luar rumah karena keseringan terkena paparan panas dari sinar matahari. Akan tetapi ada penyebab yang lain yaitu penggunaan bahan pemutih wajah berbahaya dan tidak disarankan oleh dokter.

Lalu bagaimana cara mencegah kanker kulit ini? Anda tidak perlu cemas. Ada bahan alami yang bisa dijadikan masker, yaitu kopi dan gula. Kombinasi kandungan kafein dan pemanis alami dalam kopi dan gula membantu Anda terhindar dari panas dan resiko kanker kulit. Gunakan masker ini setiap hari saat malam. Disarankan penggunaanya dilakukan 4 hingga 5 kali dalam satu minggu agar hasilnya lebih maksimal.

7. Menghidrasi kulit Anda

Kulit butuh banyak cairan atau perawatan alami agar selalu segar dan sehat. Air diketahui bermanfaat baik bagi kulit. Selain air putih, untuk menghidrasi kulit Anda bisa memanfaatkan masker kopi dan gula. Cara pembuatan yang mudah dan cepat tentu bukan halangan bagi Anda untuk menggunakan masker ini secara teratur.

Cara Menggunakan Masker Kopi dan Gula Untuk Mendapatkan Wajah Putih dan Mulus Alami

bagaimana tips mencerahkan muka yang kusam? Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakankan masker. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati, menghaluskan kulit, bahkan memutihkan kulit wajah. Masker yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah masker kopi dan gula.

Manfaat Masker Kopi dan Gula

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan menggunakan masker kopi dan gula, antara lain adalah:

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat utama dari masker kopi dan gula adalah sebagai cara memutihkan dan mengencakan wajah. Kandungan kafein serta pemanis alami (gula) dapat meremajakan dan mengencangkan kulit wajah sehingga tampak lebih awet muda. Apalagi jika anda menggunakannya secara teratur di malam hari maka tentu saja akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membersihkan Komedo dan Jerawat di wajah

Cara menghilangkan komedo secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan masker kopi dan gula. Bahkan bagi anda yang memiliki wajah berjerawat, masker ini akan sangat cocok untuk kulit wajah anda. Cara ini akan lebih alami dibandingkan anda harus melakukan perawatan dengan bahan-bahan kimi.

3. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang cukup sensitif karena kulit wajah sangatlah tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jika anda salah melakukan perawatan maka tentu saja membuat wajah cenderung rentang mengalami masalah kulit.  Masker kopi dan gula ini dapat membuat pori-pori besar pada wajah menjadi mengecil, tentunya dengan penggunaan rutin.

4. Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering

Jika anda memiliki kulit wajah yang kering, maka anda bisa menggunakan masker kopi dan masker ini untuk melembabkan wajah anda. Kandungan kafein dan gula menyebabkan kulit menjadi lembab sehingga tidak terlihat kusam.

5. Menghaluskan kembali kulit wajah Anda

Salah satu fungsi dari masker kopi dan gula lainnya sebagai eksfoliator yang membuat kulit menjadi halus kembali. Menghaluskan kulit wajah yang kasar tentunya dapat mudah dan aman dilakukan dengan menggunakan masker kopi dan gula. Namun disarankan untuk digunakan di malam hari.

6. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Siapa sangka jika masker kopi dan gula menjadi cara untuk mengurangi resiko kanker kulit, apalagi bagi anda yang memiliki aktivitas yang cukup pada di luar rumah. Kombinasi dari kafein serta gula membantu wajah untuk terhindar dari panas maupun resiko kanker kulit. Tak hanya itu saja kandungannya yang kaya anti oksidan tinggi dapat mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan sinar UV dan radikal bebas. Anti oksidan mampu memberikan proteksi yang maksimal terhadap kulit.

7. Menghidrasi kulit Anda

Kulit membutuhkan banyak cairan agar selalu tampil segar dan sehat setiap harinya. Untuk itulah konsumsi air putih yang banyak benar-benar dianjurkan. Selain itu anda juga bisa menghidrasi kulit wajah dengan menggunakan masker kopi dan gula.

Cara Membuat Masker Kopi dan Gula

Karena banyaknya manfaat yang dapat digunakan sebagai masker pemutih wajah alami, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat dan mengaplikasikan masker kopi dan gula ke wajah anda. Nah berikut ini langkah-langkah membuat masker kopi dan gula untuk wajah putih dan bersih yang anda idamkan.

    Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 3 sdm bubuk kopi, 1/2 sdm gula, dan air hangat. Untuk kopi, usahakan menggunakan kopi yang memang benar-benar murni sehingga khasiatnya bisa anda rasakan.
    Untuk membuatnya mudah, anda hanya perlu mencampurkan kopi dan gula tersebut ke dalam wadah mangkok.
    Setelah itu tuangkan air hangat ke dalam wadah mangkok, secukupnya saja jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dan kemudian biarkan beberapa saat.
    Untuk mengaplikasikan ke wajah, pastikan terlebih dahulu jika kondisi wajah sudah bersih dan kering.
    Oleskan masker secara menyeluruh dan merata  dan diamkan hingga kurang lebih 2o menit agar mendapatkan hasil yang maksimal.
    Bilas dengan menggunakan air bersih dan setelah itu lap wajah hingga mengering dengan menggunakan handuk bersih.
    Anda bisa menggunakan 4-5 kali dalam seminggu. Hal ini karena kandungannya yang cukup aman meskipun digunakan sesering mungkin.

Cara Membuat Masker Kopi di Rumah! Mudah dan Khasiatnya Berlimpah

Penggunaan masker kopi untuk wajah sangat bermanfaat, karena biji kopi mengandung dicaffeoylquinic acid dengan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan oksidan pada kopi inilah yang bagus untuk kulit karena bisa membuat kulit jadi sehat dan awet muda. Jika ingin tahu cara membuat masker kopi sendiri di rumah, simak ulasan berikut ini:
1. Masker Kopi, Kakao, dan Yogurt

Bubuk kakao mempunyai sumber antioksidan luar biasa sama seperti kopi. Sedangkan yoghurt mengandung asam hidroksi alpha yang menjadi komponen alami dalam proses pelepasan sel kulit mati.

Karena banyak mengandung komponen yang bermanfaat itu banyak wanita yang menggunakan kopi, kakao, dan yogurt sebagai masker. Caranya mudah, siapkan empat sendok makan kopi bubuk murni, empat sendok makan bubuk kakao, serta enam sampai delapan sendok makan yogurt tanpa rasa. Lalu, ketiga bahan itu diaduk dan dioleskan.

Jika telah dioleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit hingga masker mengering. Setelah itu, cuci wajah Anda yang penuh masker dengan air hangat.
2. Masker Kopi dan Lemon

Masker kopi dengan tambahan buah lemon sangat baik untuk kulit berminyak. Alasannya, campuran dua bahan itu bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat. Bahkan masker kopi dan lemon juga bisa berfungsi untuk penghilang flek hitam di wajah Anda.

Anda bisa membuat masker kopi dan lemon di rumah. Cara membuatnya dengan menyiapkan dua sendok makan bubuk kopi murni yang halus, satu sendok makan perasan lemon, dan satu sendok teh madu. Setelah dicampur, oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama 20 menit, lalu cucilah wajah Anda yang bermasker dengan air hangat.
3. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Masker kopi dengan tambahkan minyak zaitun sangat baik digunakan bagi Anda yang berkulit kering. Campuran kedua bahan itu juga bisa mengurangi noda dan meningkatkan warna kulit wajah.

Anda bisa membuat masker ini di rumah, karena cara membuatnya sederhana tidak pakai ribet. Anda cukup sediakan bubuk kopi murni dan minyak zaitun. Kedua bahan itu lalu dicampurkan dan segera oleskan ke wajah Anda. Saat mengoleskan ke wajah, jangan lupa untuk memijat dengan gerakan memutar, agar masker semakin menyerap dan meresap ke dalam kulit. Diamkan selama 20 menit, lalu jika sudah, cuci dengan air hangat.
4. Masker Kopi dan Susu

Biasanya, campuran kopi dan susu akan menghasilkan cappuccino untuk diminum. Tapi, untuk kecantikan, campuran kopi dan susu murni dipakai untuk membuat masker yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit Anda.

Cara membuatnya mudah, siapkan tiga sendok makan bubuk kopi murni dan segelas kecil susu murni. Campurkan kedua bahan itu, aduk hingga kental. Jika telah kental, Anda bisa oleskan campuran kedua bahan itu ke wajah dan leher Anda. Diamkan selama 20 menit. Jika sudah, Anda bisa memberi pijatan ke wajah sambil membilasnya dengan air.
5. Masker Kopi, Gandum, dan Madu

Bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif, sangat cocok menggunakan masker kopi dengan campuran gandum dan madu. Alasannya, bahan gandum dapat kurangi iritasi kulit Anda dan mengelupas sel kulit mati. Selain itu, madu mampu memberi nutrisi, melembabkan kulit, hingga mengurangi noda di wajah.

Cara membuatnya pun sangat mudah, awalnya Anda siapkan satu sendok makan bubuk kopi murni, dua sendok makan bubuk gandum, dan satu sendok makan madu murni. Campurkan ketiga bahan tadi, aduklah. Jika sudah, oleskan campuran tadi ke wajah Anda, lalu biarkan selama 20 menit. Anda lalu bisa membilasnya dengan air hangat.
Cara Membuat Masker Kopi Khusus untuk Memutihkan Wajah

Kopi memiliki kandungan senyawa yang bisa berfungsi sebagai anti penuaan dini. Alasannya, dalam kopi terdapat zat yang dapat membantu mengelupas kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit yang baru. Karena itulah, masker kopi sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering.

Tak hanya itu, kandungan flavonoid dan polifenol yang tinggi dalam kopi selain dapat mencegah radikal bebas, juga dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Selain itu, dua kandungan itu juga dipercaya dapat meregenerasi sel kulit yang rusak. Lalu, bagaimanakah cara membuat masker kopi untuk memutihkan wajah? Simak caranya di sini:

Pertama-tama, jadikan bubuk kopi menjadi pasta dengan cara menambahkan susu ke dalamnya dengan perbandingan kopi: susu, 3:1. Untuk hasil yang lebih bagus Anda bisa menambahkan minyak zaitun sebagai bahan campurannya.

Setelah dicampur, oleskan ke wajah Anda sambil lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar. Lakukan pemijatan beberapa saat, lalu biarkan mengering. Usai mengering, bilas menggunakan air dingin dan keringkan wajah Anda memakai handuk lembut. Saat proses pengerangan dengan handuk, jangan diusap, cukup menepuk-nepuknya saja.

Cara lain membuat masker kopi untuk memutihkan wajah, Anda bisa menggunakan bahan campuran kopi dengan coklat, molase hingga susu bubuk. Jika menggunakan bahan-bahan itu, tidak hanya dapat memutihkan wajah, tapi juga mampu mengencengkan sel-sel kulit kendur hingga membersihkan wajah. Kulit wajah Anda terlihat bersinar dan ebih sehat.

5 Cara Membuat Masker Kopi yang Mudah Guna Kulit Cemerlang

Untuk memanjakan wajahmu dengan kenikmatan kopi, cobalah beberapa dari cara di bawah ini:
1. Masker Kopi, Cocoa, dan Yoghurt

Seperti kopi, cocoa atau bubuk kakao adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber alami asam hidroksi alpha. Asam hidroksi alpha adalah komponen alami dalam proses pengelupasan sel kulit mati.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan menyiapkan 4 sendok makan kopi bubuk murni, 4 sendok makan, serta 6-8 sendok makan yogurt tanpa rasa. Campur adukkan bahan-bahan tadi dan oleskan ke wajahmu. Rilekskan selama 20 menit hingga maskernya mengering. Terakhir, cuci masker wajah kamu dengan air hangat.

2. Masker Kopi, Gandum, dan Madu

Masker kopi yang satu ini adalah cara membuat masker kopi yang ideal untuk kulit yang sensitif. Gandum dapat membantu mengurangi iritasi kulit serta membantu pengelupasan sel kulit mati. Sedangkan madu mampu melembabkan kulit, memberi nutrisi, serta mengurangi noda di wajah.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kopi murni dengan 2 sendok makan bubuk gandum serta 1 sendok makan madu murni. Oleskan campuran tadi ke wajahmu, lalu biarkan selama 20 menit. Terakhir cuci dengan air hangat.

3. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Masker kopi yang satu ini cukup simpel karena terbuat hanya dari bubuk kopi murni dan minyak zaitun. Setelah dicampurkan, pijat wajahmu secara lembut dengan gerakan memutar menggunakan campuran ini. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air. Dengan penggunaan yang rutin, cara membuat masker kopi ini dapat mengurangi noda dan meningkatkan corak kulit wajahmu.

4. Masker Kopi dan Susu

Dalam variasi jenis kopi, campuran kopi dan susu biasanya menghasilkan cappuccino. Tapi disini, campuran kopi dan susu murni dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan nada kulitmu.

Cara membuat masker kopi satu ini dimulai dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi murni dengan segelas kecil susu murni. Campuran ini harus bersifat kental. Oleskan campuran ini secara merata ke wajah dan lehermu lalu biarkan dan rileks selama 20 menit. Setelah itu pijat secara halus sembari mencucinya dengan air.

5. Masker Kopi dan Lemon

Cara membuat masker kopi dengan tambahan lemon ini sangat cocok untuk wajah berminyak. Untuk menyiapkannya, kamu memerlukan 2 sendok makan bubuk kopi murni yang basah, 1 sendok makan perasan lemon, serta 1 sendok teh madu. Oleskan campuran ini ke wajahmu. Biarkan selama 20 menit lalu cucilah dengan air hangat.

Cara Membuat Masker Kopi Khusus untuk Menghilangkan Jerawat
Masker kopi memang sedang banyak digunakan oleh berbagai perawatan wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membuat wajah lebih putih bersih .

Caranya anda bisa mengambil beberapa butir kopi, kemudian di sangrai. Tumbuk kopi yang sudah disangrai sampai halus seperti tepung. Kamu juga bisa menggunakan mesin kopi agar lebih mudah. Tambahkan sedikit air namun jangan terlalu cair dan jangan terlalu kental. Selanjutnya oleskan ampas kopi ke seluruh bagian wajah sampai merata. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, cara-cara tersebut harus dilakukan secara rutin. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Jika jerawat anda memang sangat parah, maka anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memegang jerawat.

Selain itu jangan pernah biasa memencet jerawat meski sangat ingin melakukannya. Hal ini dikarenakan akan meninggalkan noda hitam pada wajah anda. Jangan lupa jika semakin parah sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit terdekat.
 
Cara Membuat Masker Kopi Khusus untuk Memutihkan Wajah
Perlu anda ketahui, kandungan senyawa dalam kopi berfungsi sebagai antipenuaan dini. Zat ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati serta menggantinya dengan sel kulit baru tanpa menjadikan kulit lebih kering. Cara tersebut cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering.

Jadikan kopi menjadi pasta dengan menambahkan susu kedalamnya (perbandingan kopi:susu 3:1), Setelah itu jadikan ramuan kopi sebagai scrub pada wajah sambil dilakukan pemijatan. Buat gerakan melingkar ketika memijat wajah, lakukan beberapa saat kemudian biarkan mengering.

Setelah kering baru dibilas menggunakan air dingin. Keringkan wajah menggunakan handuk lembut tetapi jangan diusap, cukup menepuk-nepuknya saja. Untuk hasil lebih bagus bisa ditambahkan minyak zaitun.

Pilihan lain dengan mencampur kopi dengan coklat, molase, serta susu bubuk dapat mengangkat bahkan mengencangkan sel-sel kulit kendur, sebagai krim antimikroba serta membersihkan wajah. Kulit wajah terlihat bersih bersinar dan lebih sehat.
 
Kegunaan dari Cara Membuat Masker Kopi Terhadap Kulit
Selain kepopulerannya sebagai pendamping pagi-mu, kopi juga memiliki kegunaan yang lebih dari sekedar sumber energi tambahan penuh kafein. Kafein juga memiliki beberapa elemen yang baik untuk kulit anda. Mulai dari menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, mengurangi inflamasi dan kulit memerah, mengusir selulit, dan banyak lagi.

Yang jelas, untuk meraup manfaat yang optimal dari kopi untuk kulit kamu, kamu perlu tahu lebih dahulu rutinitas perawatan macam apa yang kamu perlukan serta seperti apa sifat kulitmu. Nah, berikut ini ada beberapa poin mengenai kegunaan kopi terhadap kulit yang akan meyakinkanmu untuk mencoba cara membuat masker kopi. Yuk disimak!
1. Pengelupasan Sel Kulit Mati di Kulit

Bubuk kopi bertindak secara efektif sebagai scrub wajah berkat teksturnya yang membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Kegunaan ini memiliki hasil wajah yang lebih bersih dan lebih halus. Sebagai bonus, kopi juga membantu agar wajah kamu tidak mengalami kekeringan.

Untuk penggunaannya, buat scrub dari gula cokelat dan bubuk kopi, masing-masing setengah gelas, dengan tambahan minyak zaitun sebanyak seperempat gelas. Campurkan hingga menjadi pasta dan gunakan ke wajahmu. Pijat dengan gerakan memutar. Jika sudah, bilas dengan air dan gunakan pelembab untuk hasil yang maksimal.

2. Menghaluskan Kulit

Masker kopi yang terbuat dari kopi dan cokelat adalah opsi perawatan wajah yang jauh lebih mudah dan lebih murah daripada facial treatment di salon. Cara membuat masker kopi ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Caranya, cukup mencampur masing-masing 2 sendok bubuk kopi dan bubuk coklat, lalu tambahkan 3 sendok susu dan sesendok madu.

Apabila kamu memiliki wajah berminyak, mungkin kamu bisa mengganti penggunaan susu dengan yogurt. Campuran ini bisa kamu oleskan dengan rata ke wajahmu, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air. Manfaat dari masker kopi ini adalah kulit yang lebih lembab, lebih sehat, dan pastinya lebih halus. Proses ini juga dapat memperkecil pori-pori.
 
3. Mengurangi Selulit

Salah satu dari manfaat luar biasa kopi adalah kemampuannya untuk mengurangi selulit pada kulit. Ini disebabkan oleh kandungan kafein pada kopi yang mampu mendehidrasikan sel lemak pada kulit, yang akhir membuat selulit tak nampak dan membuat kulit lebih halus.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa krim kulit yang mengandung kafein sebagai bahan-nya terbukti 17% lebih efektif untuk mengurangi selulit.

Untuk membuat body scrub-mu sendiri, cukup dengan mencampur kopi, agar-agar lidah buaya, dan minyak vitamin E dengan rasio 2:1:1. Kemudian gunakan campuran tadi dan pijat wajahmu menggunakan campuran tersebut. Pastikan bahwa kopi yang kamu gunakan adalah kopi murni agar mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Mengobati Mata Membengkak serta Kantung Mata

Kegunaan lainnya dari kopi ialah kemampuannya untuk memperkecil pembengkakan mata serta kantung hitam pada mata. Berkat elemen anti-inflamasi yang ada pada kafein dalam kopi, kopi dapat meminimalisir penumpukan darah di bawah mata kamu, yang akhirnya mencegah adanya kantung hitam di bawah mata.

Efek ini begitu efektif sehingga nyaris setiap produk yang dapat menghilangkan kantung hitam di bawah mata memiliki jumlah kafein tertentu pada rumusnya. Kendati demikian, harus diingat bahwa kantung mata dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti dehidrasi, kekurangan tidur, serta alergi.

Meskipun kafein dalam kopi dapat menyembuhkan kantung mata yang disebabkan oleh aliran darah yang berlebihan, tapi tidak dapat menyembuhkan kantung mata yang disebabkan oleh keturunan.

5. Anti-oksidasi

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang ternyata jauh lebih tinggi kandungannya ketimbang buah maupun sayuran. Hal ini membuat kopi menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar Ultra Violet karena terkena sinar matahari.

Riset telah membuktikan bahwa penggunaan kopi pada kulit dapat memberikan lapisan pelindung tambahan yang dapat melindungi dari radiasi yang bersifat berbahaya. Kopi dapat memberikan perlindungan ini dengan cara menghalangi enzim protein tertentu, dengan demikian kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Lagi pula, sifat kopi yang melancarkan ekskresi urin menjadikannya bahan yang mampu mengobati sebuah kondisi yang disebut Rosaceae, yakni menghilangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh memerahnya kulit serta iritasi karena sinar matahari.

6. Mengencangkan Kulit

Tambahan lagi ke daftar panjang kita mengenai manfaat masker kopi untuk kulit wajah, yakni sifatnya yang mampu membuat kulit lebih kencang. Kafein adalah bahan yang sangat baik untuk meminimalisir tampilan garis-garis di wajah, serta menghilangkan bengkak-bengkak di area tertentu wajahmu.

Sekali lagi, bukan suatu hal yang baru apabila kopi menjadi bahan utama di setiap produk kecantikan atau produk anti-penuaan yang dapat mengencangkan kulit. Tapi lebih penting lagi, kopi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

7. Mencerahkan Kulit

Kunci dari kulit yang cantik adalah memiliki kulit yang sehat. Dan cara terbaik untuk mencapai atau memiliki kulit yang sehat adalah dengan memastikan bahwa kulitmu terlindungi dari virus, jamur, atau bakteri yang dapat membahayakan wajahmu dan merusak kulitmu.

Untuk memberikan binar yang berseri-seri pada kulitmu, coba campurkan bubuk kopi dan garam Epson dalam air saringan dan gunakan campuran ini untuk mencuci wajahmu. Setelah itu, gunakan bubuk kopi yang sama untuk memijat dan perlahan membantu pengelupasan sel kulit mati pada wajahmu. Setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Anti-inflamasi

Kafein memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menghilangkan merah-merah pada kulitmu serta pembengkakan pada kulit dan wajahmu. Saking efektifnya cara kerja kopi untuk menghilangkan bengkak pada wajah, ada penelitian yang menyatakan bahwa performa kopi di bidang ini dapat disandingkan dengan aspirin yang juga memiliki fungsi yang sama.

Eksperimen lainnya membuktikan efektivitas kopi sebagai bahan utama dalam krim anti-inflamasi yang memberikan hasil yang signifikan, membuktikan sekali lagi bahwa kopi bermanfaat untuk kulit dan wajah.

17 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Tentunya kopi yang digunakan bukanlah kopi yang sudah dicampur dan kopi kemasan yang biasa kita konsumsi, melainkan kopi bubuk yang murni.

Kandungan kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama yang menderita darah tinggi, rupanya justru bermanfaat bagi kulit. Berikut ini sejumlah manfaat masker kopi untuk perawatan wajah Anda sesering mungkin.

1. Sebagai Anti-Inflamasi
Pada kopi, ada kandungan kafein yang kerap kita manfaatkan sebagai penambah tenaga, apalagi ketika pagi saat ingin melakukan aktivitas serta di malam hari saat hendak begadang.

Yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa kafein pada kopi mengandung anti inflamasi tinggi sehingga sangat berkhasiat menyingkirkan bengkak dan kemerahan apapun pada kulit wajah.

Bahkan sudah diteliti pula bahwa kafein merupakan kandungan yang manfaatnya sangat setara dengan aspirin yang bisa meminimalisir pembengkakan.Sudah dibuktikan juga ketika kopi ditambahkan dan dicampurkan ke krim anti inflamasi. Hasilnya adalah hasil yang sangat baik dan positif bagi kulit tanpa efek samping berbahaya.

2. Mencerahkan Kulit
Kafein pada kopi murni juga sangat berguna dalam membuat kulit menjadi lebih cerah. Berkat kafein inilah kulit menjadi lebih sehat juga karena memberikan perlindungan pada kulit dari serangan bakteri, jamur serta virus yang mampu membuat kulit kusam. Kulit yang kusam adalah masalah setiap wanita, maka kopi adalah salah satu solusinya.

Manfaat kopi untuk kulit sangat banyak dan salah satunya memang mencerahkan dan membuat kulit lebih bercahaya. Caranya sebetulnya sangat gampang, yaitu:

• Anda bisa menyiapkan bubuk kopi murni yang kemudian bisa dicampur bersama dengan garam pada air secukupnya. Larutan campuran antara kopi murni dan garam inilah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan atau mencuci wajah setiap hari.
• Setelahnya, Anda pun masih tetap dapat menggunakan bubuk kopi yang sama untuk dioles dan dipijatkan ke wajah. Ini tujuannya adalah untuk mengeksfoliasi kulit sehingga sel-sel kulit mati terangkat sempurna. Barulah bilas dengan air kopi lagi untuk lebih optimalnya.

3. Mengencangkan Kulit
Kulit pun dapat dikencangkan hanya dengan menggunakan kopi bubuk murni karena sifatnya yang memang dianggap sebagai pengencang kulit alami.

Lagi-lagi ini semua berkat kafein dan ini tandanya segala bentuk penuaan dini dapat Anda minimalisir, seperti munculnya garis halus atau kerutan pada wajah. Caranya pun cukup mudah untuk merawat wajah Anda.

• Anda bisa memanfaatkan ampas kopi di mana Anda perlu mencampurkannya bersama dengan putih telur secukupnya. Aduk-aduk sampai rata dan bisa langsung dioles ke wajah sebagai masker. Tinggalkan maksimal 15 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin.
• Anda pun dapat menggunakan larutan kopi yang sudah mengalami penyeduhan. Kapas dapat Anda celupkan ke dalamnya lalu usap-usapkan ke kulit wajah hingga menyeluruh.

4. Sebagai Antioksidan
Kopi sangat kaya akan sifat antioksidan dan justru lebih tinggi daripada sayur serta buah, tapi tentunya kopi bubuk murni dan bukannya yang kemasan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa kopi sangat berguna dalam mengatasi masalah kerusakan kulit akibat sinar UV dan juga radikal bebas.
Radiasi berbahaya dapat kapanpun menyerang kulit dan kopi dengan sifat antioksidannya sangat mampu menolong dengan memberikan proteksi maksimal terhadap kulit.

Iritasi dan kemerahan yang sering terjadi pada kulit wajah Anda dikarenakan terbakar sinar matahari otomatis akan ditangani secara sempurna dan alami.

5. Mengurangi Risiko Kanker Kulit
Karena memiliki kandungan antioksidan, sudah jelas pula bahwa kopi murni mampu menurunkan potensi seseorang mengidap kanker kulit.
Seperti yang sudah dijelaskan, kopi memberikan perlindungan bagi kulit wajah dengan cara menghambat enzim protein tertentu sehingga risiko pertumbuhan kanker dapat berkurang. Itulah mengapa menggunakan masker kopi murni sangat baik untuk kulit.

6. Mengobati Penyakit Rosacea
Rosacea merupakan sebuah penyakit kulit yang penyebab pastinya sendiri belumlah begitu diketahui. Penyakit ini terjadi pada kulit wajah di mana gejalanya antara lain muncul kemerahan kecil, bintik yang mengandung nanah dan timbulnya rosacea ini ada pada bagian kening, pipi dan juga hidung.

Adanya benjolan berbentuk lingkaran juga bisa saja mengganggu ditambah dengan fakta bahwa gejala-gejala tersebut dapat terjadi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Gejala pun bisa saja hilang tapi nantinya pasti akan kembali lagi. Kopi murni adalah solusi yang bisa dijadikan masker wajah demi mengobati penyakit satu ini secara alami.

7. Mengatasi Lingkaran Hitam Bawah Mata
Kurang tidur bisa saja menjadikan mata dikelilingi lingkaran hitam di mana ini juga biasanya dialami oleh orang yang terlalu sibuk tanpa beristirahat.

Manfaat ampas kopi untuk rambut memang sudah sangat populer, tapi sebetulnya kopi juga bermanfaat dijadikan masker wajah. Untuk dijadikan masker mata juga sangat efektif.
Bila mata panda terjadi pada Anda, silakan untuk langsung membuat ramuan masker wajah atau masker khusus area mata dengan cara berikut.
• Setelah membuat kopi murni, ambil bagian ampasnya sesuai dengan yang Anda butuhkan lalu oles ke area bawah mata. Tunggulah sekitar 15 menit sebelum Anda memakai air bersih untuk membilas wajah sampai bersih.
• Kandungan kafeinnyalah yang akan membuat mata panda hilang apabila masker mata atau wajah ini digunakan serutin mungkin, terutama sebelum tidur.

8. Melembutkan Kulit
Kopi juga sangat berguna sebagai pelembut kulit alami, asalkan yang Anda gunakan adalah kopi murni. Perawatan menggunakan kopi ini juga terbukti lebih murah dan mudah ketimbang melakukannya di salon. Bahkan akan lebih nyaman lagi karena perawatan dilakukan di rumah.
Kulit wajah Anda akan terasa begitu lembut ketika Anda menggunakan kopi dengan cara berikut ini.

• Sediakan kopi bubuk 2 sendok makan bersama dengan bubuk kakao atau coklat dengan takaran yang sama. Jangan lupa juga tambahkan 3 sendok makan susu dan juga 1 sendok makan madu.
• Apabila Anda memiliki tipe wajah yang berminyak, lebih baik tidak menggunakan susu, tapi pilihlah yogurt.
• Campuran tersebut bisa secara langsung diterapkan ke wajah Anda secara merata, tunggulah sekitar 30 menit sebelum membasuhnya menggunakan air bersih. Kulit tak hanya lebih kencang tapi juga dipastikan lembut.

9. Menghidrasi Kulit
Bila biasanya kita tahu bahwa air putihlah yang berperan banyak dalam membuat kulit wajah terhidrasi dengan sempurna, kali ini Anda dapat memanfaatkan kopi.

Selain dapat mengencangkan kulit wajah, dengan kopi pun Anda bisa membuatnya lebih lembab atau terhidrasi secara lebih alami.
Apabila Anda memiliki kulit yang kering, silakan membuat masker kopi dengan cara yang sama seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya dan pakailah susu dan bukan yogurt.

10. Menyegarkan Kulit
Kopi yang dijadikan masker sangat mampu membuat kulit jauh lebih segar, yakni dengan membuat es batu dari larutan kopi. Bila Anda berpikir bahwa kulit wajah akan terasa lebih segar dengan air biasa, Anda salah karena rupanya kopi juga sangat bermanfaat.
• Sediakan segelas kopi, lalu larutan tersebut bisa Anda tuang pada cetakan es batu. Jangan lupa kemudian masukkan ke dalam kulkas, terutama bagian freezer sampai benar-benar beku. Sesudah membeku, es batu bisa diambil dan digosok-gosokkan ke wajah hingga es batu habis. Barulah Anda boleh membilas wajah menggunakan air biasa.

11. Sebagai Eksfoliator
Manfaat eksfoliasi wajah sebaiknya tidak diremehkan karena dengan mengeksfoliasi kulit wajah dengan bahan alami seperti kopi, segala masalah kulit wajah akan teratasi. Anda bisa menjadikan bubuk kopi murni sebagai scrub atau masker wajah yang akan membantu kulit mengelupas.

Kulit mengelupas menandakan bahwa sel-sel kulit mati telah terangkat dan ini artinya akan ada sel-sel kulit baru yang akan muncul.
Dengan demikian, tak heran bila kemudian kulit wajah Anda akan menjadi semakin halus, segar, bersih, dan selalu lembab jauh dari kekeringan. Setelah selesai bermasker, Anda dapat membilas wajah hingga bersih dan mengaplikasikan pelembab wajah.

12. Merevitalisasi Kulit
Kulit wajah juga perlu mendapatkan revitalisasi, dan kopi adalah bahan yang tepat untuk membantu Anda memperoleh hasil sempurna secara alami. Bila Anda tak tahu bagaimana caranya, berikut adalah langkah membuat masker wajah dengan tujuan revitalisasi.

• Sediakan kopi bubuk sebanyak 3 sendok teh yang bisa dicampurkan dengan susu cair 1 sendok teh. Keduanya bisa Anda campur rata dengan mengaduknya sampai akhirnya pasta terbentuk. Oleskan pasta tersebut ke wajah sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, selanjutnya tunggulah hingga mengering dan basuhlah menggunakan air dingin. Tepuk-tepuklah wajah Anda memakai handuk untuk mengeringkannya.

13. Memperkecil Pori-pori Kulit
Tahukah Anda bahwa pori-pori yang membesar adalah sumber dari timbulnya komedo dan jerawat? Sumber ini perlu Anda atasi secepatnya dan dengan kopi, Anda dapat mengatasinya secara alami.

Minyak yang berlebih dan juga kotoran mampu menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Jadi, pakailah masker kopi secara rutin demi membuat pori-pori kulit wajah lebih kecil sehingga komedo maupun jerawat tak mudah datang.

14. Memudarkan Noda Hitam
Apabila Anda dengan mudah berjerawat dan kemudian meninggalkan bekas noda hitam yang menjadikan penampilan Anda kurang maksimal, kopi murni bisa dijadikan masker wajah sebagai solusi.

Sebagai eksfoliator, noda-noda hitam yang mengganggu apapun penyebabnya bakal teratasi, terutama bila Anda menggunakan bubuk kopi.
• Sediakan bubuk kopi beberapa sendok yang bisa dicampurkan dnegan baby oil sampai rata. Sesudah menjadi pasta kental, larutan ini bisa dijadikan masker wajah dengan mengoleskannya ke area wajah sambil memberikan pijatan lembut. Tunggulah beberapa saat sebelum membilasnya sampai bersih dengan air biasa.

15. Menghilangkan Komedo
Komedo yang sangat menganggu pada wajah tampaknya memang harus dibasmi. Masalah kecantikan wajah satu ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja meskipun lebih sering terdapat pada hidung.

Karena kandungan minyak berlebih pada wajah Anda, hal ini pun bisa terjadi, jadi gunakan masker yang diambil dari ampas kopi untuk mengatasinya. Asalkan perawatan dilakukan rutin, akan ada hasil memuaskan yang Anda peroleh nantinya.

16. Menghilangkan Jerawat
Facial di salon biasanya adalah solusi tepat bagi yang ingin wajahnya bersih dari jerawat maupun komedo. Namun, Anda perlu tahu juga apa saja yang menjadi bahaya facial di salon secara sembarangan. Akan jauh lebih aman dan terjamin baiknya ketika Anda menggunakan masker kopi untuk menghilangkan jerawat.

• Sediakan kopi murni yang diambil bagian ampasnya saja secukupnya (ingat untuk tidak mencampurkan dengan gula maupun bahan lainnya). Usapkan ke seluruh wajah secara menyeluruh dan pijat-pijatlah supaya kandungan baik kopi dapat terserap. Tunggu 30 menit sebelum membersihkan wajah dengan air dan sabun pembersih wajah. Untuk hasil optimal, seminggu 3 kali adalah waktu perawatan yang dianjurkan.

17. Menenangkan Kulit
Kopi murni hitam tanpa campuran apapun akan menjadi penenang kulit yang alami. Selain dapat menyegarkan dan melembabkan kulit wajah, kopi dengan sangat bermanfaat dalam memberikan efek rileks dan tenang pada kulit wajah.

Jadi, Anda tak usah khawatir lagi apabila inflamasi atau peradangan kulit datang, masker kopi akan mengatasinya
Loading...

Belum ada Komentar untuk "15+ Cara Membuat Masker Kopi dan Gula Serta Efek Sampingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel